• Sat. Oct 5th, 2024

SMA Negeri 2 Praya

Official Website

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)

BySugiyanto

Jan 24, 2022

Pada hari Sabtu, 22 Januari 2022 Kepala Sekolah menerima kunjungan Pengawas SMA/SMK untuk melaksanakan kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah tahun 2021 yang bertujuan untuk mengukur ketercapaian beban kerja kepala selama satu tahun. kegiatan penilaian dilaksanakan oleh Pengawas Pembina SMK Haji Zaenuddin, S.Pd dengan berpedoman pada intrumen penilaian, serta dilakukan pembuktian dokumen kegiatan yang dilaksanakan.
Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah memuat 3 komponen utama yaitu Komponen Manajerial, Komponen Pengembangan Kewirausahaan, dan Komponen Supervisi Guru dan Tendik.
Komponen Manajerial mencakup Perencanaan Program Sekolah, Pengelolaan Standar Nasional Pendidikan, Pengawasan dan Evaluasi, Kepemimpinan Sekolah, Sistem Informasi Manajemen (SMI) Sekolah.
Komponen Pengembangan Kewirausahaan mencakup Perencanaan Pengembangan Kewirausahaan, Pelaksanaan Pengembangan Kewirausahaan, Evaluasi Pengembangan Kewirausahaan.
Supervisi Guru dan Tendik mencakup Perencanaan Supervisi Guru dan Tendik, Pelaksanaan Supervisi Guru dan Tendik, dan Evaluasi Supervisi Guru dan Tendik.
Ketiga komponen utama tersebut menjadi fokus penilaian kinerja Kepala Sekolah dimana masing masing disertai dengan dokumen kegiatan.
Dalam kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah disamping disamping tiga komponen utama ditambah juga dengan Rekapitulasi kehadiran kepala sekolah, dan Penilaian dari teman sejawat,dunia usaha, orang tua murid/Komite, dan peserta didik/siswa.
Kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah dalam pelaksanaannya dibantu oleh Tim Sekolah yang mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.
Ucapan terima kasih yang sebesar besar pada Tim Sekolah yang telah membantu menyiapkan dokumen yang diperlukan sehingga pelaksanaan penilaian kinerja kepala sekolah dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Ini sebagai bentuk evaluasi kita bersama mudah mudahan hasilnya bagus untuk kepentingan menata sekolah kita kedepan ucap Bapak Kepsek disela sela mengantarkan Pengawas Pembina meninggalkan sekolah.



Sugiyanto

Sugiyanto, Wakasek HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.