• Sat. Oct 5th, 2024

SMA Negeri 2 Praya

Official Website

Partisipasi SMA Negeri 2 Praya dalam Pekan Kebudayaan Nasional NTB

BySugiyanto

Mar 17, 2022

Pekan Kebudayaan Nasional se NTB diisi dengan kegiatan Virtual Instagram yang diikuti oleh peserta umum dan SMA Negeri 2 Praya berperan aktif untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lomba sebagai bentuk tanggung jawab insan sekolah dalam melestarikan budaya daerahnya.
“Pelagak Jengku ( Adu Lutut )” salah satu olah raga tradisional daerah Lombok yang akan ditampilkan oleh sekolah dalam ajang lomba Virtual Instagram pada Pekan Kebudayaan Nasional NTB.
Menurut Lalu Dedy Purnawan, S.Pd. penanggung jawab kegiatan di sekolah, “Pelagak Jengku (Adu Lutut) adalah suatu bentuk olah raga yang dilakukan oleh dua orang pemain dengan menggunakn pakian adat sapuq (ikat kepala) dan dodot (kain yang dililitkan di pinggang) yang terbuat dari kain tenun Songket khas Sasak.
Tehnik permainannya masing-masing pergelangan kaki kanan ditekuk kebelakang dengan tangan kanan, sehingga lutut kaki menjulur ke depan dan siap diadu. Posisi pemain hanya bertumpu satu kaki dan tangan satunya tdak boleh memegang lawan. Pemain yang bisa menjatuhkan lawan itu yang dianggap menang. Apabila terjadi pelanggaran oleh salah satu pemain, maka Wasit berhak untuk menghentikan permainan.”

Sugiyanto

Sugiyanto, Wakasek HUMAS

Leave a Reply

Your email address will not be published.