• Sat. Oct 5th, 2024

SMA Negeri 2 Praya

Official Website

Rangkaian SNPMB Dimulai Bulan Ini, Sekolah Persiapkan Siswa Ikut SNBP

ByDian Iskandar Jaelani

Jan 5, 2023

Mataram (Suara NTB)– Rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 dimulai pada bulan Januari ini. SNPMB dimulai dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Kuota sekolah SNBP dapat diakses sejak Rabu (28/12/2022), sementara layanan masa sanggah kuota dibuka hingga 17 Januari. Pihak sekolah sudah mulai mempersiapkan siswa untuk mengikuti SNBP.

Kepala SMAN 2 Praya. Dr. Dian Iskandar Jaelani, MA., pada Senin, 2 Januari 2023 mengatakan, untuk kuota siswa SMAN 2 Praya yang ikut SNBP yaitu dari kelas IPA sebanyak 39 orang dan dari IPS sebanyak 33 orang. Pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan antara lain inventarisasi siswa yang akan ikut SNBP, juga menyampaikan informasi SNBP ke wali siswa. “Kami juga melakukan pendampingan ke siswa yang akan ikut,” ujarnya.

Dian berharap dalam SNBP tahun 2023 ini, lebih banyak siswa SMAN 2 Praya yang diterima di perguruan tinggi negeri. “Semoga tahun ini siswa SMAN 2 Praya lebih banyak yang diterima di kampus yang dibutuhkan oleh siswa,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMAN 1 Mataram, Burhanudin mengatakan, SMAN 1 Mataram sedang mempersiapkan data-data yang akan dikirim. Sebanyak 40 persen siswa SMAN 1 Mataram eligible atau dapat mengikuti SNBP. “Harapan kami di tahun ini semakin banyak yang akan diterima pada jalur SNBP ini. Dari 169 orang yang masuk, kita targetkan 100 yang lulus SNBP ini,” harap Burhanudin.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) resmi berganti menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) untuk tahun 2023. SNBP merupakan sistem baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang penilaiannya mengacu pada nilai rapor dan prestasi siswa. Namun tidak semua siswa di satu sekolah bisa mengikuti SNBP, karena setiap sekolah memiliki kuota siswa eligible berbeda, tergantung akreditasi masing-masing sekolah atau dikenal kuota sekolah.

Dari ketentuan SNPMB, kuota sekolah dihitung berdasarkan akreditasi sekolah dan jumlah siswa. Rinciannya sekolah dengan akreditasi A, siswa yang eligible atau bisa mengikuti SNBP yaitu 40% terbaik di sekolahnya. Akreditasi B yaitu 25% terbaik di sekolahnya. Akreditasi C dan lainnya yaitu 5% terbaik di sekolahnya.

Untuk jadwal SNBP, pengumuman kuota sekolah pada 28 Desember 2022, penutupan masa sanggah kuota sekolah pada 17 Januari 2023, penetapan siswa eligible untuk mengikuti SNBP 3 Januari – 8 Februari 2023. Pengisian PDSS pada 9 Januari – 9 Februari 2023.
Pembuatan akun SNPMB pada 16 Januari – 15 Februari 2023. Pendaftaran SNBP  pada 14 – 28 Februari 2023. Pengumuman Hasil SNBP pada 28 Maret 2023.

Ketentuan SNPMB tertuang dalam Merdeka Belajar Episode Kedua Puluh Dua: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Dalama ketentuan itu dinyatakan bahwa transformasi Pendidikan Tinggi di Indonesia yang sekarang ini tengah berjalan bertujuan untuk membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya.

SNPMB terdiri dari SNPB, Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi secara mandiri oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN). (ron)

Sumber: https://www.suarantb.com/2023/01/03/rangkaian-snpmb-dimulai-bulan-ini-sekolah-persiapkan-siswa-ikut-snbp/

Leave a Reply

Your email address will not be published.