• Sat. Oct 5th, 2024

SMA Negeri 2 Praya

Official Website

MELALUI KEGIATAN P5 SMAN 2 PRAYA GANDENG PORTIR INDONESIA INTERNASIONAL

ByLalu Dedi Purnawan

Jan 11, 2023

KEGIATAN INTEGRASI P5 SMAN 2 PRAYA Dalam kegiatan P5 kali ini SMA Negeri 2 Praya berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait yakni pihak komunitas PORTIR Indonesia International, DLHK provinsi NTB. Di mana setiap orang nantinya akan kami berkolaborasi dengan Dinas pertanian NTB yang kami harapkan akan dapat membackup produk-produk yang dihasilkan dari kegiatan pengelolaan sampah organik siswa-siswa SMA Negeri 2 Praya dari sisi pemasaran atau penjualannya.
P5 adalah proyek penguatan profil pelajar Pancasila. P5 merupakan salah satu pembelajaran dalam kurikulum merdeka.Tujuan program P5 ini adalah membentuk karakter siswa yang merujuk pada profil pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, kreatif, dan bernalar kritis.
Ada beberapa tema dalam P5 ini antara lain gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, bhinneka tunggal Ika, bangunlah jiwa dan raganya, suara demokrasi, direkayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI, dan kewirausahaan. Pada semester ini kegiatan P5 SMA Negeri 2 Praya mengambil tema kehidupan berkelanjutan dan kewirausahaan. Lebih khusus kehidupan berkelanjutan kami mengambil topik pengelolaan sampah baik sampah organik maupun anorganik. Sampah organik akan kita olah menjadi pupuk cair maupun pupuk padat.Sedangkan sampah anorganik kami akan olah menjadi sebuah produk kerajinan tangan yang berbasis plastik, di mana hal ini berkolaborasi dengan guru mata pelajaran prakarya.

Kegiatan P5 kali ini, dilaksanakan secara reguler yang terjadwal setiap hari Sabtu. Sabtu minggu pertama kali ini, diisi dengan sosialisasi yang disampaikan oleh pihak komunitas PORTIR Indonesia internasional. Pembicaraan pertama Bpk. Lalu Isnaini yang banyak menyampaikan tentang profil portir Indonesia international, sepak terjang komunitas tersebut dalam gerakan peduli lingkungan. Pembicaraan kedua Ibu Maya soeripto ketua umum komunitas portir Indonesia internasional, yang banyak mengupas tentang hubungan gaya hidup dengan kerusakan lingkungan yang terjadi saat ini. Bahwa kepedulian terhadap lingkungan harus dimulai dari kesadaran diri , dari hal-hal kecil seperti mengurangi penggunaan plastik saat berbelanja dengan membawa sendiri kantong ramah lingkungan.Atau dengan membawa air minum Tumblr untuk mengurangi konsumsi air kemasan.
Untuk sampah plastik yang tidak bisa digunakan sebagai kerajinan tangan, kami bekerja sama dengan Bank Sampah Lombok Tengah, yang akan memfasilitasi pengangkutan sampah plastik.
Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan karakter kepada seluruh warga SMA Negeri 2 Praya yang peduli lingkungan dan dapat memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah yang dapat menumbuhkan kewirausahaan.
Lebih lanjut ketua umum portir Indonesia international mengemukakan harus ada kebijakan-kebijakan khusus tentang lingkungan yang harus diterapkan di sekolah sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.Seperti mengharuskan siswa membawa Tumblr air minum sendiri dan sekolah menyediakan air isi ulang, mengharuskan kantin untuk tidak menjual snack yang dibungkus plastik, menyediakan tong sampah yang terpisah antara sampah organik dan sampah anorganik di setiap kelas.
Dalam kegiatan sosialisasi ini selain pendampingan materi tentang lingkungan oleh tim dari komunitas portir Indonesia internasional, juga menampilkan beberapa kreasi siswa berupa puisi dan lagu. Hal ini menambah seru suasana apalagi dengan pertunjukan Ibu Maya yang menyanyikan lagu “Beraksi” dari Kotak, yang menyulut semangat siswa-siswa SMA Negeri 2 Praya. Setelah penampilan seni tersebut kegiatan dilanjutkan dengan “clean up” yakn menyisir seluruh lingkungan SMA Negeri 2 Praya dari sampah plastik.Dari kegiatan ini bisa terkumpul sampah plastik sebanyak 195 kg yang langsung diangkut oleh bank sampah Lombok Tengah.

Penulis redaksi:

Mujiarti,S.E.,M.M. (Guru Penggerak SMAN 2 PRAYA)
#dikbudntb
#smandrajaya
12/1/2022

Lalu Dedi Purnawan

Lalu Dedi Purnawan Alamat: Desa Marong, Kec. Praya Timur, Kab. Lombok Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published.